PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN UMKM KERIPIK PISANG DESA PENANTIAN DENGAN MEKARI JURNAL

Authors

  • Febriansyah Institut Teknologi Pagar Alam
  • Nanda S. Prawira Institut Teknologi Pagar Alam
  • Abdi Nasrullah Institut Teknologi Pagar Alam
  • Asep Syaputra Institut Teknologi Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v7i01%20Juni.282

Keywords:

UMKM, Mekari Jurnal, Desa penantian

Abstract

UMKM pada desa berkontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal dan menjadi sumber mata pencaharian utama bagi banyak keluarga di desa, namun ada beberapa masalah utama yang sering dihadapi antara lain pencatatan transaksi yang masih manual, kurangnya keterampilan dalam pembuatan laporan keuangan, serta minimnya akses terhadap informasi keuangan yang akurat dan terkini. Hal ini berdampak pada ketidakmampuan UMKM untuk mengelola arus kas dengan baik, merencanakan keuangan jangka panjang, dan membuat keputusan bisnis yang berdasarkan data,adapun masalah yang signifikan dalam UMKM tersebut yang pertama Pencatatan Keuangan masih Manual, Selanjutnya Kurangnya Pemahaman Akuntansi kemudian Kesulitan dalam Perencanaan Keuangan lalu  Keterbatasan Pengetahuan Teknologi Akses Informasi dan yang terakhir Pelatihan yang Terbatas, maka dari itu solusi yang di berikan Seiring dengan kemajuan teknologi, aplikasi manajemen keuangan seperti Mekari Jurnal menawarkan solusi yang praktis dan efektif untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Mekari Jurnal adalah aplikasi berbasis cloud yang memungkinkan UMKM untuk mencatat transaksi, membuat laporan keuangan, mengelola inventaris, dan melakukan analisis keuangan secara real-time, dengan adanya masalah di atas maka pelatihan yang akan dilakukan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada para pelaku UMKM di Desa Penantian dalam menggunakan aplikasi Mekari Jurnal untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih baik. Dengan adanya program pengabdian kepada masyarakat ini, diharapkan UMKM di Desa Penantian dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam pengelolaan keuangan, meningkatkan efisiensi operasional, serta memperkuat daya saing dan keberlanjutan usaha mereka.

References

Dewi, T. K., & Setiawan, K. R. (2021). PENDAMPINGAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA ADAT CEPAKA. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 841-845.

Febriansyah, Oktavianus, D., & Nasrullah, A. (2023). Pengembangan Produk Olahan Hasil Pertanian Tidak Layak Jual Pepaya APeS dan Pisang KeMPeS (Development of processed agricultural products that are notsuitable for selling Papaya APeS and Banana KeMPeS). Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 165-174.

Haqq, R. H., Putra, A. F., Romadhoni, M. R., Arizqullah, M. I., & Safitri, D. A. (2024). Digitalisasi Proses Pengadaan Barang dan Jasa Menggunakan Jurnal Mekari Pada PT. Sarana Remaja Mandiri. Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset, 2(3), 157-166.

Krisnawati, D. (2018). PERAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA STRATEGI PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI UMKM DI INDONESIA. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 69-74.

Lathifia Qolbina, S. W. (2024). Perbedaan Proses Pengadaan Barang Dan Jasa Metode Konvensional Dengan Menggunakan Jurnal Mekari Di PT. Sarana Remaja Mandiri. Jurnal Kendali Teknik dan Sains, 34-43.

mekari. (2024, 06 06). Mekari Jurnal. From mekari.com: https://mekari.com/produk/jurnal/

Priandika, A. T., & Setiawansyah. (2023). Digitalisasi Aplikasi Keuangan Untuk Koperasi pada Dinas UMKM Provinsi Lampung. Jurnal Abdimas Teknologi Informasi dan Digitalisasi (JATI-DIG), 17-23.

Putri, S. (2020). Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponorogo: Analisis Ekonomi Islam tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Economic Studies, 4(2), 147-162.

Tarmizi, A. (2018). STRATEGI PEMASARAN UMKM : LITERATURE REVIEW. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 191 - 198.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Febriansyah, S. Prawira, N., Abdi Nasrullah, & Asep Syaputra. (2024). PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN UMKM KERIPIK PISANG DESA PENANTIAN DENGAN MEKARI JURNAL . JURNAL NGABDIMAS, 7(01 Juni), 40–44. https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v7i01 Juni.282