INTERNET YANG SEHAT MENJADI KUNCI DALAM MENCIPTAKAN PESERTA DIDIK YANG BERKUALITAS DAN BERKARAKTER DI SMKN 1 KELAPA

Authors

  • Ermini Universitas PGRI Palembang
  • Yanuar Syam Putra Universitas PGRI Palembang
  • Layang Sardan Universitas PGRI Palembang
  • Suryati Universitas PGRI Palembang
  • Ramanata Disurya Universitas PGRI Palembang
  • Srihusnulwati Universitas PGRI Palembang
  • Sri Wahyuningsih Universitas PGRI Palembang
  • Hanni Yukamana Universitas PGRI Palembang
  • Jumroh Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v7i01%20Juni.281

Keywords:

Internet Sehat, Peserta Didik, Berkualitas dan Berkarakter

Abstract

Internet Sehat dan Aman (INSAN) adalah suatu program dari pemerintah Indonesia yang dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemkominfo) dengan tujuan untuk mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Penyelenggaraan program INSAN dalam bentuk roadshow dan forum diskusi. Media yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi INSAN antara lain tatap muka, internet, televisi, radio, media cetak, media luar ruang dan animasi. Penggunaan internet yang tidak terkontrol akan menyebabkan banyak kerugian. Penggunaan internet oleh anak yang tidak terkontrol oleh orang tua akan memberi efek buruk pada kehidupan sosial dan psikologis anak-anak, bahkan akademik mereka [Jackson, dkk, 2003]. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan PkM ini dilakukan dengan mengadopsi langkah-langkah action research yang terdiri dari 4 (empat) tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Untuk menghindari penggunaan internet yang berlebihan, tidak terkontrol, dan tidak benar, maka kami menginisiasi sebuah sosialisasi mengenai internet sehat yang bertarget kepada para peserta didik sebagai pengguna. Sosialisasi mengenai internet sehat dilaksanakan dalam sebuah kegiatan pengabdian masyarakat.

Kata Kunci: Internet Sehat, Peserta Didik, Berkualitas dan Berkarakter

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers Haryono.

Asf, Jasmani. 2013. Supervisi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Djamarah.

Anung. (2014). Media Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers

Hoffman, P. dan Harris, S.. 2006. The Tao of IETF: A Novice’s Guide to the Internet Engineering Task Force. Network Working Group. Michigan. Jakson, Linda A., Barbatsis, Gretchen, Eve, Alexander von, Biocca, Frank, Zhao.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Internet Sehat dan Aman - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia. 2013. Internet Sehat dan Aman (INSANI). Didapat dari: https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3303/Internet+Sehat+danAman+%28INSAN%29/0/internet_sehat#.VrdpVWamByg

Kokasih dan Angkowo R. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Kunandar.2013. Penilaian Autentik (penilaian Hasil Belajar Berdasarkan peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis disertai contoh. Jakarta: Rajawali Pers.

Nasution. 2010. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Miarso, Yusuf hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan 1. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala Vol. 2 No.4, April 2016, hal 28 -39 ISSN: 2337-922739

Putria, Aditin. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Poewrwidarminta,WJS. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rudi. 2009. Media pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prim.

Sadiman, Arief.S. (2014). Media Pendidikan . Jakarta. Rajawali Pers.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Setiawan, Achmad. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sudijono, Anas.2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukiman.2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani

Sugiyono.2002. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta Susilana.

Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Yong, dan Fitzgerald, Hiram. 2003. Implications for the Digital Divide of Internet Use in Low-Income Families. IT&Society. VOLUME 1, ISSUE 5, SUMMER 2003, PP. 219-244.

http://www.kesekolah.com/solusi-pendidikan/penggunaan-media-sosial-dalam-pendidikan-yang tepat-di-sekolah.html#sthash.h30vuhSh.r.JJkikHF.dpbs

https://www.kompasiana.com/rahmatriyadi6872/5b4b155b16835f73bb3f5fc4/penggunaan-media-sosial-sebagai-media-pembelajaran?page=all

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Ermini, Yanuar Syam Putra, Layang Sardan, Suryati, Ramanata Disurya, Srihusnulwati, Sri Wahyuningsih, Hanni Yukamana, & Jumroh. (2024). INTERNET YANG SEHAT MENJADI KUNCI DALAM MENCIPTAKAN PESERTA DIDIK YANG BERKUALITAS DAN BERKARAKTER DI SMKN 1 KELAPA. JURNAL NGABDIMAS, 7(01 Juni), 45–51. https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v7i01 Juni.281