IMPLEMENTASI MBKM DALAM PROGRAM STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT REVOU TECH ACADEMY : DATA AND SOFTWARE ENGINEERING

Authors

  • Muhammad Nasir Universitas Bina Darma
  • Siti Sa'uda Universitas Bina Darma
  • Fira Hanasti Universitas Bina Darma
  • Santana Ellysza Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v7i01%20Juni.260

Keywords:

MBKM, MSIB, Studi Independen, RevoU

Abstract

ABSTRAK

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Kemdikbudristek.  Program ini bertujuan membentuk mahasiswa siap kerja yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dengan membekali pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di luar perguruan tinggi selama studi mahasiswa, salah satu Mitra MSIB Angkatan 5 adalah PT Revolusi Cita Edukasi, yang mengimplementasikan program RevoU Tech Academy : Data and Software Engineering. Pembelajaran yang dilakukan selama 4,5 bulan atau 18 minggu dan setara dengan 900 jam kegiatan, dilakukan secara synchronous dan asynchronous melalui kelas virtual secara langsung atau kuliah umum, diskusi kelompok, pendampingan, tugas individu, dan tugas kelompok, mempelajari mengenai 5 bagian utama yaitu Data Processing in Data Analytics, Data Visualisation & Communication in Data Analytics, Introduction to Software Engineering, Fundamental Full-Stack Web Development dan Career Development. Pembelajaran didukung oleh media Learning Management System (LMS) Notion. Setelah mahasiswa menyelesaikan seluruh program dan lulus dari semua modul yang ada,  mahasiswa mendapatkan Sertfikat dan transkrip nilai sebagai syarat rekomendasi konversi nilai mata kuliah pada program studi masing-masing.

Kata Kunci : MBKM, MSIB, Studi Independen, RevoU

References

Rochana, R. M. Darajatun, & M.A Ramdhany, "Pengaruh Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka terhadap Minat dan Keterlibatan Mahasiswa," Journal of Business Management Education, pp. 11-21, 2021.

Microcredential, Tim, Panduan Singkat Magang dan Studi Independen Bersertifikat Untuk Mahasiswa, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2021.

Haji, Wahyu Hari, Panduan Pelaksanaan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Tahun 2023, Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, 2023.

RevoU, Silabus Studi Independen RevoU Tech Academy : Product, Engineering, Data., Jakarta: PT Revolusi Cita Edukasi, 2023.

Maesaroh, Iskandar and dkk, Rekayasa Perangkat Lunak, Banten: PT SADA KURNIA PUSTAKA, 2024.

Anisa and Novita, "Penggunaan Data Analytics Terhadap Peningkatan Deteksi Kecurangan Pada Pemeriksaan Eksternal," Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, vol. 6, no. 1, pp. 34-45, 2023.

Technology, Bhumi Varta, Data Analisis : Pengertian, Metode, Proses, dan Keuntungan, Jakarta: PT Bhumi Varta Technology, 2023.

Rochmah, E., & MAjid, N.W.A, "Membangun Virtual Classroom Melalui Social LEarning Networks (SLNS)," Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, vol. 8, no. 1, pp. 15-21, 2018.

Wardana, Fitri and dkk, "Analisis Pembelajaran Synchronous dan Asynchronous Dalam Meningkatkan Civic Competence di Sekolah," Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 2, no. 2, pp. 78-87, 2023.

Magdalena I; Annisa MN ; dkk, "Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN Bojong 04," Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 2, pp. 150-165, 2021.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Nasir, M., Siti Sa’uda, Fira Hanasti, & Santana Ellysza. (2024). IMPLEMENTASI MBKM DALAM PROGRAM STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT REVOU TECH ACADEMY : DATA AND SOFTWARE ENGINEERING . JURNAL NGABDIMAS, 7(01 Juni), 23–27. https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v7i01 Juni.260