MODEL PEMBELAJARAN SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN ABAD 21
DOI:
https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v5i01%20Juni.245Keywords:
Model Pembelajaran, inovasi, Pembelajaran abad 21Abstract
Inovasi pembelajaran abad 21 merupakan unsur yang harus dimiliki dalam menghadapi perkembangan teknologi dan informasi terutama pada penguasaan keterampilan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan pada dunia pendidikan peran dosen menjadi unsur utama dalam memberikan fasilitas serta motivasi kepada mahasiswa untuk dapat memiliki pola pikir yang kritis dalam pemecahan suatu permasalahan, melalui proses pembelajaran yang baik akan membawa perubahan dalam peningkatkan kemampuan hardskill maupun softskill mahasiswa. Peserta dalam kegiatan pengabdian terdiri dari Dosen Teknik Sipil dan Teknik Informatika. proses pembelajaran selama ini terlihat masih saja berfokus kepada mahsiswa sehingga memberikan tantangan yang sangat besar kepada dosen untuk dapat melakukan transformasi agar proses pembelajaran terpusat kepada mahasiswa terutama dalam penyelesaian permasalahan. Melalui inovasi pembelajaran abad 21 dengan menggunakan model-model pembelajaran diharapkan dapat melakukan transformasi pembelajaran dengan baik seperti pada beberapa model pembelajaran yang dapat dilakukan seperti model project-based Learning, Problem based Learning dan Discovery Learning. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah terlakasana akan membawa suasana pembelajaran yang baru bagi dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan melalui inovasi pembelajaran abad 21 dengan menggunakan model pembelajaran sebagai langkah transformasi pembelajaran yang terpusat kepada mahasiswa.
References
Afriana, Jaka. 2015. Project Based Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah
Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana.
Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Lestari, Tutik. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar menyajikan ContohContoh
lustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran
Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri
Yogyakarta. Yogyakarta.
Lestari, I. N. E., Ilma, M., Nurheriyah, N., Amalia, R., & Nurjannah, W. (2021). Pengembangan
Kompetensi Guru Abad 21 Di Masa Pandemi SD Negeri 4 Kenanga. Prosiding FKIP UMC,
, 195–201.
Novita Sonia, T. (2020). Menjadi Guru Abad 21 Jawaban Tantangan Pembelajaran Revolusi
Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 191–
Nurjanah, S. A. (2019). Analisis Kompetensi Abad 21 Dalam Bidang Komunikasi Pendidikan.
Jurnal Kehumasan GUNAHUMAS, 2(2), 387–402.
Nurfitriyanti, Maya. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 6(2): 149-160.
Prayoga, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21 Kompetensi Digital Pendidikan Masa
Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia.
Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Rezeki, Rina Dewi., dkk. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBl)
Disertai dengan Peta Konsep Untuk meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa Pada
Materi Redoks Kelas x-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal
Pendidikan Kimia(JPK), Vol. 4 No.1: 74-81.
Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran
Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII(2), 107–117.
Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Equilibrium : Jurnal
Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(2), 188–195. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Widyaningrum, W., Sondari, E., & Mulyati. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme
Guru Di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal
Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35–44. https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/1600