MODEL PEMBELAJARAN SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN ABAD 21

Authors

  • yadi Institiut Teknologi Pagar Alam
  • Alharia Dinata Institut Teknologi Pagar Alam
  • Apriana Institut Teknologi Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v5i01%20Juni.245

Keywords:

Model Pembelajaran, inovasi, Pembelajaran abad 21

Abstract

Inovasi pembelajaran abad 21 merupakan unsur yang harus dimiliki dalam menghadapi perkembangan teknologi dan informasi terutama pada penguasaan keterampilan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan pada dunia pendidikan peran dosen menjadi unsur utama dalam memberikan fasilitas serta motivasi kepada mahasiswa untuk dapat memiliki pola pikir yang kritis dalam pemecahan suatu permasalahan, melalui proses pembelajaran yang baik akan membawa perubahan dalam peningkatkan kemampuan hardskill maupun softskill mahasiswa. Peserta dalam kegiatan pengabdian terdiri dari Dosen Teknik Sipil dan Teknik Informatika. proses pembelajaran selama ini terlihat masih saja berfokus kepada mahsiswa sehingga memberikan tantangan yang sangat besar kepada dosen untuk dapat melakukan transformasi agar proses pembelajaran terpusat kepada mahasiswa terutama dalam penyelesaian permasalahan. Melalui inovasi pembelajaran abad 21 dengan menggunakan model-model pembelajaran diharapkan dapat melakukan transformasi pembelajaran dengan baik seperti pada beberapa model pembelajaran yang dapat dilakukan seperti model project-based Learning, Problem based Learning dan Discovery Learning. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah terlakasana akan membawa suasana pembelajaran yang baru bagi dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan melalui inovasi pembelajaran abad 21 dengan menggunakan model pembelajaran sebagai langkah transformasi pembelajaran yang terpusat kepada mahasiswa.

References

Afriana, Jaka. 2015. Project Based Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah

Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana.

Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Lestari, Tutik. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar menyajikan ContohContoh

lustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran

Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Skripsi.

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri

Yogyakarta. Yogyakarta.

Lestari, I. N. E., Ilma, M., Nurheriyah, N., Amalia, R., & Nurjannah, W. (2021). Pengembangan

Kompetensi Guru Abad 21 Di Masa Pandemi SD Negeri 4 Kenanga. Prosiding FKIP UMC,

, 195–201.

Novita Sonia, T. (2020). Menjadi Guru Abad 21 Jawaban Tantangan Pembelajaran Revolusi

Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 191–

Nurjanah, S. A. (2019). Analisis Kompetensi Abad 21 Dalam Bidang Komunikasi Pendidikan.

Jurnal Kehumasan GUNAHUMAS, 2(2), 387–402.

Nurfitriyanti, Maya. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 6(2): 149-160.

Prayoga, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21 Kompetensi Digital Pendidikan Masa

Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia.

Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rezeki, Rina Dewi., dkk. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBl)

Disertai dengan Peta Konsep Untuk meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa Pada

Materi Redoks Kelas x-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal

Pendidikan Kimia(JPK), Vol. 4 No.1: 74-81.

Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran

Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII(2), 107–117.

Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Equilibrium : Jurnal

Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(2), 188–195. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Widyaningrum, W., Sondari, E., & Mulyati. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme

Guru Di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal

Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35–44. https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/1600

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

yadi, Alharia Dinata, & Apriana. (2022). MODEL PEMBELAJARAN SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN ABAD 21. JURNAL NGABDIMAS, 5(01 Juni), 37–41. https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v5i01 Juni.245