INOVASI TEKNOLOGI WEBSITE UNTUK USER RESELLER DI BIDANG FESYEN MUSLIM PADA FAHIMASHOP
DOI:
https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v5i01%20Juni.243Keywords:
User Reseller, Inovasi, Website, FesyenAbstract
Perubahan pola dan tren bisnis UMKM dari metode pemasaran dan transaksi tradisional ke transaksi berbasis daring (online) sejak masa pandemi COVID-19, ditambah dilema dalam mengikuti aturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) menuntut setiap pelaku UMKM harus memiliki strategi yang tepat dan jitu untuk melangsungkan dan menyelamatkan usahanya. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (KPKM) ini adalah salah satu wujud partisipasi aktif pihak universitas untuk peka dan peduli atas permasalahan yang terjadi di masyarakat utama terkendala pengembangan inovasi teknologi informasi. KPKM ini bertujuan untuk (1) menciptakan inovasi bidang teknologi informasi untuk membantu mitra KPKM dalam memasarkan dan mempromosikan produk fesyen muslim; dan (2) membangun sistem informasi reseller berbasis web untuk mendukung proses transaksi pembelian dan pembayaran produk fesyen muslim secara online. Dari hasil pendampingan dan pengujian terhadap sistem website reseller, dapat dinyatakan bahwa kegiatan ini memiliki dampak dan manfaat terutama bagi mitra KPKM. Beberapa manfaat nyata dari kegiatan ini antara lain: pertama, memberikan solusi yang lebih efektif dan praktis terkait cara promosi produk fesyen muslim pada Fahimashop. Kedua, memudahkan pihak mitra Fahimashop dalam melakukan transaksi khusus reseller. Ketiga, menambah peluang terhadap nilai penjualan untuk jangkauan pelanggan yang lebih luas dengan memanfaatkan website dan fitur-fitur media sosial.
References
M. I. Pratiwi, “Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM.,” J. Ners,
vol. 4, no. 2, pp. 30–39, 2020, doi: https://doi.org/10.31004/jn.v4i2.1023.
A. Aminy and K. Fithriasari, “No Title,” Anal. Dampak Covid-19 Bagi Umkm Di Jawa Timur,
vol. 2020, no. 1, pp. 15–22, 2021, doi: https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.646.
D. Telaumbanua, “Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan
Covid-19 di Indonesia.,” QALAMUNA J. Pendidikan, Sos. dan Agama, vol. 12, no. 01, pp. 59–
, 2020, doi: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290.
S. Nawara, A. Fikri, and D. Rikardo, “Strategi Bisnis dalam Menghadapi Daya Beli Masyarakat
yang Rendah pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 2, pp. 3526–
, 2021, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1433.
G. H. Leo, “UMKM Indonesia yang Berhasil Bertahan di Masa Pandemi COVID-19.,” doi:
https://doi.org/10.31219/osf.io/e9bs3.
K. Kuswantoro and I. Alfi, “Strategi Keuangan UMKM Cilacap Menghadapi Pandemi Covid 19
Studi Kasus Umkm Kabupaten Cilacap,” J. Teknol. dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 40–51, 2020,
doi: https://doi.org/10.37087/jtb.v2i1.13.
D. Anggoro, H. Hasugian, and Nofiyani, “Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna
Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19,” JURPIKAT J.
Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 384–391, 2020, doi:
https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.345.
R. . Bakhtiar, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah
Serta Solusinya,” J. Info Singk., vol. XIII, pp. 19–24, 2021.
N. Nursalim, A. S. Sampeallo, A. Wahid, and N. J. Meok, “Upaya Peningkatan Produksi Mebel
Pada UMKM Kota Kupang Berbasis Teknologi Tepat Guna.,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy.,
vol. 3, no. 2, pp. 258–265, 2019, doi: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3449.
V. A. Handini and W. Choiriyati, “Digitalisasi Umkm Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi
Pemasaran Sahabat Umkm Selama Pandemi Covid-19,” JRK J. Ris. Komun., vol. 11, no. 2,
, doi: https://doi.org/10.31506/jrk.v11i2.9682.
A. Desiani, “Pemanfaatan Ms.Excel untuk Pembukuan Keuangan UMKM Desa Bangsal
Kecamatan Pampangan,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, 2020, doi:
https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4464.
M. M. Ratnasari, I., E., S. and Dkk., Digital Marketing pada Start Up dan UMKM: Praktik
Melakukan Pemasaran berbasis Digital Menuju UMKM Tangguh, Kompetitif dan Unggul Di
Era Revolusi Industri 4.0. 2021.
B. Manggu and S. Beni, “Pelaksanaan E-Marketing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
Sebagai Stragi Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Umkm Di Kota Bengkayang
Kalimantan Barat),” Sebatik, vol. 23, no. 2, pp. 455–461, 2019, doi:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.798.
F. R. A. Bukit, A. S. Gea Geby, I. Irvan, and F. Fahmi, “Pembuatan Website Katalog Produk
UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner,” JPPM J. Pengabdi.
dan Pemberdaya. Masy., vol. 3, no. 2, p. 229, 2019, doi:
https://doi.org/10.30595/jppm.v3i2.4317.
S. Haryono, “Pengaruh Penggunaan Website terhadap Penjualan Produk Pengusaha UMKM
pada Asosiasi Industri Kreatif Depok,” Sosio e-kons, vol. 10, no. 1, p. 39, 2018, doi: