WORKSHOP ANALISIS BUTIR SOAL PADA DOSEN INSTITUT TEKNOLOGI PAGAR ALAM
DOI:
https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v5i01%20Juni.242Keywords:
Mutu Pendidikan, Analisis Butir Soal, jMetrik, CTT, IRTAbstract
Kualitas pendidikan terkait dengan pendidikan dan sistem penilaian untuk memantaunya. Oleh karena itu, tuntutan mutu pendidikan senantiasa berubah dengan tuntutan dan perkembangan kemajuan teknologi, dan upaya peningkatan mutu pendidikan harus terus dilakukan. Evaluasi adalah suatu proses pengukuran dan evaluasi, keduanya berkaitan erat dengan sistem evaluasi. Pengukuran adalah proses perbandingan yang sistematis. Analisis butir merupakan kegiatan proses untuk meningkatkan mutu pendidikan. Artinya, melalui analisis item. Hal ini dapat dilakukan dengan menguji secara kualitatif dan kuantitatif kualitas setiap item dan rangkaian pertanyaan dalam berbagai aspek. Tujuan utama analisis butir soal adalah untuk memperoleh informasi tentang ciri-ciri masing-masing butir soal, baik melalui penelitian butir soal maupun analisis empiris. Hasilnya dapat digunakan untuk mengetahui kualitas soal dan kualitas belajar siswa dari analisis hasil tes. Analisis butir soal dilakukan dengan menggunakan model CTT (Classical Test Theory). Analisis item menggunakan jMetrik. jMetrik adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengajukan pertanyaan model CTT atau menganalisis model IRT. Aplikasi ini Dibuat dan dikembangkan oleh Patrick Meyer. JPatrickMeyer adalah pemilik hak cipta jMetrik
References
I. Negeri and A.-R. Banda, “ANALISIS BUTIR SOAL EVALUASI PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN PROGRAM PENDAHULUAN
Evaluasi merupakan proses mengukur dan menilai , dua hal ini sangat erat kaitannya dengan
sistem evaluasi . Pengukuran merupakan sebuah proses perbandingan an,” vol. 10, no. 2, pp.
–74, 2020.
H. Hodiyanto and M. Saputro, “Workshop pembuatan dan analisis butir soal menggunakan
Iteman pada Madrasah Aliyah Miftahul Huda Kecamatan Sungai Ambawang,” Transform. J.
Pengabdi. Masy., vol. 14, no. 2, pp. 85–90, 2018, doi: 10.20414/transformasi.v14i2.578.
M. P. . Dr. Panyahuti,M.Si, M. P. Prof. Dr. Ambiyar, and M. P. . Muslim, E-ASSESSMENT
DIAGNOSTIKBERBASIS KOMPUTER DAN ANDROID ( Menggunakan Analisis Butir Soal
Model Classical Test Theory dan Item Response Theory ). 2021.
M. Tarigan and F. Fadillah, “Analisis Item Response Theory Raven’s Coloured Progressive
Matrices pada Sampel Anak Usia Dini,” Psikodimensia, vol. 20, no. 2, pp. 158–169, 2021, doi:
24167/psidim.v20i2.3101.
M. Solichin, “Analisis Daya Beda Soal Taraf Kesukaran,Butir Tes, Validitas Butir Tes,
Interpretasi Hasil Tes Valliditas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan,” J. Manaj. dan Pendidik.
Islam, vol. 2, no. 2, pp. 192–213, 2017.
W. O. N. Raafi and L. Ndia, “Kualitas Tes Buatan Guru pada Soal Pilihan Ganda Mata
Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari Semester Genap Tahun Pleajaran
/2014,” J. Penelit. Pendidik., vol. 3, no. 1, p. 167, 2015.
H. A. T. Handani and H. J.P., “University Research Colloquium 2015 ISSN 2407-9189,” Univ.
Res. Colloq., no. 4, pp. 193–206, 2015.