DIGITAL MARKETING POTENSI DESA DALAM PEMBERDAYAAN PENGELOLA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES)
DOI:
https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v5i01%20Juni.241Keywords:
Digital Marketing, potensi desa, BumdesAbstract
pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang digital marketing potensi desa dalam meningkatkan pemberdayaan pengelola, dalam bidang meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama pengelola dalam memanfaatkan media dalam dunia marketing dan meningkatkan penghasilan desa dalam memanfaatkan hasil desa yang di lakukan dengan mitra kerjasama bumdes.id, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) merupakan lembaga/badan perekonomian desa yang berbadan hukum dibentuk dan dimiliki oleh Pemerintah Desa, dikelola secara ekonomis mandiri dan professional dengan modal seluruhnya atau sebagian besar merupakan kekayaan desa. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan memberikan arahan di dalam menjalankan setiap aktifitas yang berhubungan dengan BUM Desa, salah satunya adalah mengarahkan masyarakat dalam melakukan pemasaran modern yang berbasis teknologi yakni dengan sosialisasi dan pendampingan lapangan Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari terhitung dari tanggal 3 januari s/d 7 januari 2022. Tempat pelaksanaan di desa jemaring kecamatan jarai kabupaten lahat sumatera selatan. Setelah tahap pendampingan pengambilan foto video dan lain-lain telah selesai, hasil dari pengabdian ini adalah implementasi hasil pelatihan yang di digitalkan ke media yang telah dibuat sebelumnya. Peserta didampingi dan diarahkan sesuai dengan kebutuhan. Pada tahap ini juga merupakan tahapan akhir yang merupakan tahap yang sangat penting dan di harapkan dari setiap tahapan yang telah dilakukan.
References
P. K. A. Sanjaya, N. P. S. Hartati, and N. W. W. Premayani, “Pemberdayaan Pengelola Badan
Usaha Milik Desa ( BUMDes ) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing System,”
Carrade J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 65–75, 2020, [Online]. Available:
https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde%0Ahttps://doi.org/10.31960/caradde.v3i2.4
R. Ratna Gumilang, “Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil
Home Industri,” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 9–14, 2019, doi:
32670/coopetition.v10i1.25.
R. E. Widayanti and R. Oktafia, “Strategi Pemasaran Berbasis Online Pada Produk Badan Usaha
Milik Desa (Bumdes) ‘Sukses Bersama’ Desa Sugihwaras Kabupaten Sidoarjo,” J. Tabarru’
Islam. Bank. Financ., vol. 4, no. 1, pp. 242–252, 2021, doi: 10.25299/jtb.2021.vol4(1).6847.
A. Sri and K. Dewi, “SE B AGAI UP AYA DAL AM M E NINGKAT KAN P E NDAP AT AN
ASL I DE SA ( P AD es ) SE RT A MENUMBUHKAN PEREKONOMIAN DESA,” vol. V,
no. 1, pp. 1–14, 2014.
A. Anwar, “Paradigma Sosialisasi Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Jiwa Beragama
Anak,” Komunida Media Komun. Dan Dakwah, vol. 8, no. 2, pp. 155–167, 2018, doi:
35905/komunida.v8i2.631.
M. T. Febriyantoro and D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil
Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean,” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara,
vol. 1, no. 2, pp. 61–76, 2018, doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.