PELATIHAN DIGITAL SOSIAL MEDIA PADA DESA PULAU PANGGUNG KABUPATEN LAHAT DENGAN MODEL EMPAT LEVEL
DOI:
https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v5i01%20Juni.239Abstract
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan
digitlasisasi media sosial sebagai sarana publik untuk berkomunikasi. Permasalahan yang terjadi yaitu
belum diptimalkan media sosial sebagai sarana penunjang produktifitas. Metode yang digunakan dalam
kegiatan ini yaitu metode empat level KirkPatric yang terdiri dari rekasi, pembelajaran, prilaku dan
hasil, yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam pelatihan. Hasil yang didapatkand
dari kegiatan ini menunjukkan bahwa Tingkat Reaksi (3,6), Belajar (3,8), Perilaku (4,24) dan Tingkat
Hasil (3,2), semua mereka hampir dapat diterima dan perlu perhatian serius terhadap efektivitas
Pelatihan di desa Pulau Panggung. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan yang disajikan, telah
terpengaruh, tetapi efek ini tidak terlalu dramatis dalam empat tingkat Model Kirkpatrick.
References
L. Li, R. Sampson, S. H. H. Ding, and L. Song, “TASR : Adversarial learning of topic-agnostic
stylometric representations for informed crisis response through social media,” Inf. Process.
Manag., vol. 59, no. 2, p. 102857, 2022.
B. Lutkevich, “Social Media,” Tech Target, 2021. [Online]. Available:
https://whatis.techtarget.com/definition/social-media#:~:text=Social media is a collective,%2C
content-sharing and collaboration.&text=Mobile applications make these platforms,include
Twitter%2C Facebook and LinkedIn.
L. Abdillah, “Collaborating Digital and Social Media For Teaching Science And Arabic in
Higher Education Learning Process During COVID-19 Pandemic,” Ijaz Arab. J. Arab. Learn.,
vol. 4, no. 1, pp. 12–25, 2020.
H. Wijoyo et al., “Digitalisasi Umkm,” 2020. .
A. E. Nugroho, “Survei Kinerja UMKM di Masa Pandemi COVID19,” 2020. [Online].
Available: http://lipi.go.id/berita/survei-kinerja-umkm-di-masa-pandemi-covid19/22071.
R. I. Kementerian Perdagangan, “Analisis Outlook pangan 2015-2016,” pp. 1–72, 2014.
D. McFarlane, Evaluating Training Programs: The Four Levels, vol. 11, no. 4. 2006.
S. C. Awe, “American Society for Training and Development (ASTD),” J. Bus. Financ.
Librariansh., vol. 5, no. 1, pp. 61–65, 1999.
F. Bretz, “No TitleHow to Master Kirkpatrick model of training evaluation,” kodo survey,
[Online]. Available: https://kodosurvey.com/blog/how-master-kirkpatrick-modeltraining-evaluation.
S. Farjad, “The Evaluation Effectiveness of Training Courses in University by Kirkpatrick
Model (Case Study: Islamshahr University),” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 46, pp. 2837–
, 2012.
K. Jong-Sung, “Design Thinking,” Asia-Pacific J. Bus. Ventur. Entrep., vol. 14, no. 3, pp.
–140, 2019.
K. Uchino, “Business Plan,” Entrep. Eng., pp. 59–83, 2009.
L. Purnama, “Strategi Marketing Plan,” pp. 129–134, 2002.
A. P. U. Siahaan and M. Ginting, “Marketing Model,” 2019