PEMBERDAYAAN KELOMPOK IBU PKK MELALUI PELATIHAN HIDROPONIK SEDERHANA DI KELURAHAN SUKABANGUN, KOTA PALEMBANG

Authors

  • Inka Rizki Padya Institut Teknologi Pagar Alam
  • Desta Ria Erika Institut Teknologi Pagar Alam
  • Anggia Martiana Institut Teknologi Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v6i02%20Desember.197

Keywords:

PKK, Hidroponik, Sayuran, Pelatihan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat di Kelurahan Sukabangun Kota Palembang ini bertujuan untuk mendorong kelompok ibu-ibu PKK dalam menggali potensi yang dimiliki secara baik untuk meningkatkan kesejahteraan dan sebagai usaha tamabahan bagi ibu-ibu yang hanya sebagai ibu rumah tangga saja melalui pelatihan dan pendampingan hidroponik sederhana. Tujuan dan target spesifik yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah (1) Untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu PKK Kelurahan Sukabangun dalam membantu mengurangi pengeluaran dalam keluarga, (2) Untuk memberikan pelatihan tentang hidroponik terutama untuk tanaman sayuran sehingga mampu menghasilkan sayuran yang siap di panen setiap saat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan empat tahaoan, yaitu 1) tahap persiapan dan perencanaan,, 2) tahap demontrasi/pelatihan, 3) tahap pemberian paket kit hiroponik, dan 4) tahap pendampingan. Pelatihan menanam hidroponik sederhana yang dilakukan meningkatkan minat yang tinggi pada Ibu-ibu PKK dan sangat tertarik sehingga terdapat peningkatan pengetahuan tentang hidroponik setelah dilakukan pelatihan.

References

Sajogyo dan Pudjiwati. “Sosiologi Pedesaan”. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press (2007).

Riskyka, Haryati, Nasution, U.S.Z. “Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Melalui Pelatihan dan Pendampingan Produksi Sabun Cuci Piring Rumahan di Kelurahan Sidomulyo”. J. Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (1) (2020) : 7-12.

Surtinah dan Rini N. “Pemanfaatan perkarangan sempit dengan hidroponik sederhana di Pekanbaru”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM). 23(2) (2017) : 274–278

Ema N.H., Rino, S., dan Subagyo. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Hidroponik Membentuk Wirausahawan Baru Pada Perum Kuwak Utara Kelurahan Ngadirejo Kota Kediri”. Jurnal ABDINUS. 1(1). (2017).

Roidah,I.S. “Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik”. Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo. 1(2) (2014) : 43–50.

Swastika S, Yulfida A, Sumitro Y. “Buku Petunjuk Teknis Budidaya Sayuran Hidroponik (Bertanam Tanpa Media Tanah)”. Riau (ID): Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Riau, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian. (2018).

Vivi Mardina, Fitriani, dan Muslimah. “Sosialisasi Sistem Penanaman Hidroponik Limbah Tebu di Gampong Sidorejo, Langsa, Aceh”. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, Agrokreatif. 5 (2) (2019) : 135-140.

Wahome, P.K., Oseni, T.O., Masarirambi, M.T, Shongwe, V.D. “Effects of different hydroponics systems and growing media on the vegetative growth, yield and cut flower quality of Gypsophila (Gypsophila paniculata L.)”. World J. Agr. Sci. 7(6) (2011) :692-698.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Padya, I. R. ., Ria Erika, D., & Martiana, A. (2023). PEMBERDAYAAN KELOMPOK IBU PKK MELALUI PELATIHAN HIDROPONIK SEDERHANA DI KELURAHAN SUKABANGUN, KOTA PALEMBANG . JURNAL NGABDIMAS, 6(02Desember), 133–137. https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v6i02 Desember.197