PENGENALAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI BIDANG PEMETAAN

Authors

  • Ayu Marlina Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Lily Endah Diansari Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Septarianti Arini Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Rachmat Hakiki Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Anggi Nidya Sari Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Harfa Sakri Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v6i02%20Desember.196

Keywords:

keterampilan, pemetaan, , software ArcGIS

Abstract

Di tengah lautan informasi dan teknologi yang terus berkembang, siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus mempersiapkan diri dengan keterampilan yang relevan. Salah satu aspek yang tak boleh diabaikan adalah penguasaan perangkat lunak. Di era digital ini, kemampuan mengoperasikan software menjadi keharusan. Salah satu bidang yang menarik perhatian adalah software pemetaan. Di sinilah Sistem Informasi Geografis (GIS) berperan penting. Melalui pengabdian yang dilakukan, para siswa diperkenalkan dengan ArcGIS, sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pemetaan dan analisis data geospasial. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu survey lapangan. Survey lapangan digunakan untuk mengetahui kemampuan para siswa dalam mengikuti perkembangan era digital dengan penggunaan aplikasi software terutama software pemetaan. Tahap selanjutnya pelaksanaan pengabdian di SMK N 4 Palembang. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah: pengetahuan dalam penggunaan, manfaat, dan cara mengoperasikan software ArcGIS untuk pemetaan, dari hasil kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa SMK N 4 Palembang dalam penggunaan software ArcGIS serta dapat mengikuti perkembangan era digital yang sangat pesat dijaman sekarang.

Author Biographies

Ayu Marlina, Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Teknik Sipil

Lily Endah Diansari, Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Teknik Sipil

Septarianti Arini, Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Teknik Sipil

Rachmat Hakiki, Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Teknik Sipil

Anggi Nidya Sari, Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Teknik Sipil

Harfa Sakri, Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Teknik Sipil

References

S. Bakri, A. B. Thamsi, S. R. Nurhawaisyah and M. I. Juradi, "Pelatihan GPS untuk Pembuatan Peta Menggunakan Software QGIS Bagi SMK Penerbangan Technoterapan," ABDIRA, vol. 2, no. 1, pp. 319-326, 2022.

F. Dhiniati and L. E. Diansari, "Pemetaan dan Sedimentasi pada Sub DAS Air Betung Kota Pagar Alam Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG)," Jurnal Ilmiah Bering's, vol. 7, no. 2, pp. 55-61, 2020.

A. Dinata, F. Dhiniati and L. E. Diansari, "Delineation of flash flood hazard zones based on morphometric parameters using GIS technique in upper Lematang sub-watershed," in 2nd International Conference on Disaster and Management, 2021.

H. Z. Hadibasyir, A. Saifuddin and K. Furoida, "Pengenalan Dasar-Dasar Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Aplikasinya di Dunia Kerja bagi Siswa SMK Bakti Nusa Kabupaten Bogor," GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp. 62-73, 2021.

A. Dinata and B. Azizah, "Pelatihan Penggunaan Aplikasi ILWIS 3.3 Untuk Pemetaan Bahaya Tanah Longsor Di Kecamatan Dempo Utara Kota Pagar Alam," Abdimas Universa, vol. 3, no. 1, pp. 73-77, 2021.

Y. Pratama and L. E. Diansari, "Erosi dan Sedimentasi pada Sub DAS Air Betung Kota Pagar Alam Berbasis Sistem Informasi Geografis," Jurnal Ilmiah Bering's, vol. 8, no. 1, pp. 16-24, 2021.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ayu Marlina, Lily Endah Diansari, Septarianti Arini, Rachmat Hakiki, Anggi Nidya Sari, & Harfa Sakri. (2023). PENGENALAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI BIDANG PEMETAAN. JURNAL NGABDIMAS, 6(02Desember), 138–143. https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v6i02 Desember.196