PEMBUATAN DAN PELATIHAN APLIKASI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN DANA MASJID BERBASIS MOBILE

Authors

  • Andri Universitas Bina Darma
  • Muhammad Nasir Universitas Bina Darma
  • Fatoni Universitas Bina Darma
  • Suyanto Universitas Bina Darma
  • Edi Supratman Universitas Bina Darma
  • Muhammad Iqbal Ramdhani Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v6i02%20Desember.189

Keywords:

Aplikasi dana masjid , , penerimaan dan pengeluaran dana, Android

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini tersedia dalam berbagai fasilitas hidup yang memungkinkan manusia dapat memafaatkannya, salah satunya untuk memenuhi kebutuhan sebuah organisasi, termasuk lembaga keagamaan. Melalui perkembangan teknologi tersebut masyarakat muslim khususnya dapat mengaplikasikannya kedalam sebuah pengelolaan kas yang mengatur pemasukan dan pengeluaran uang yang dikelola oleh pengurus masjid, hal ini menjadi upaya dalam melakukan pengelolaan dana yang transparan yang dapat diketahui oleh masyarakat, terkait dengan sumber pendanaan yang masuk dan juga dana yang dikeluarkan dalam upaya memakmurkan masjid. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, penulis membuat sebuah aplikasi pengelolaan pemasukan dan pengeluaran kas masjid, yang dapat digunakan oleh pengurus keuangan masjid. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan teknologi android sehingga dapat diakses secara mobile oleh pihak-pihak terkait, dan dapat juga diakses oleh masyarakat tertentu sebagai upaya transparansi pendanaan masjid. Dalam kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini juga diberikan pelatihan kepada pengurus masjid tentang bagaimana menggunakan aplikasi yang telah dibuat, sehingga dapat membantu dalam penyediaan informasi pengelolaan dana masjid.

References

Yusuf Al-Qaradhawi, Tuntunan Membangun Masjid, Al-Shirat Al-Syar’iyah li Bina Al-Masajid, Jakarta: Gema Insani Press, 8. 2000

Z. Mauladi, F. A. Mustika, and L. Lukman, “Aplikasi Pengenalan Sholat Sunnah dan Juz’ama di Masjid Attaqwa Berbasis Android,” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), vol. 2, no. 04, Oct. 2021, doi: 10.30998/jrami.v2i04.1729.

Creswell, J. W., (2015). Penelitian Kulaitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Definisi Framework CodeIgniter dan Cara Kerjanya. Diakses dari https://www.techfor.id/definisiframework-codeigniter-dan-cara-kerjanya/.

E. P. Rini, M. , S. Kom, and & K. M. D. I. S., Sistem Informasi Manajemen Di Era Revolusi Industri 4.0, vol. 1. Zahira Media Publisher, 2021

E. Hutabri, “Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) Dalam Perancangan Media Pembelajaran Multimedia,” Innov. Res. Informatics, vol. 1, no. 2, 57–62, 2019.

Bulaeng, A. M., Bakri, H., & Sidin, U. S. (2019). Pengembangan System Informasi Keuangan Masjid Babul Muttaqien Parang Tambung Kota Makassar. Jurnal MediaTIK, 1(1), 54–61.

Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, III. Bandung: ALFABETA, 2021.

Yakup. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2012

D. R. A. Pradhana, D. K. Saputro, and J. Maulindar, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasi Manajemen Keuangan Dan Infaq Masjid Berbasis Web,” Prosiding SENATIB, vol. 1, no. 1, 108 – 121, 2022.

Latidah N. Perancangan Aplikasi Pengelolaan Kas Masjid. J. DISPROTEK 8:22-25. 2017

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Andri, Muhammad Nasir, Fatoni, Suyanto, Edi Supratman, & Muhammad Iqbal Ramdhani. (2023). PEMBUATAN DAN PELATIHAN APLIKASI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN DANA MASJID BERBASIS MOBILE. JURNAL NGABDIMAS, 6(02Desember), 95–101. https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v6i02 Desember.189