FORUM DISKUSI KELOMPOK SIMPAN PINJAM DAN TABUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DI PERUMAHAN SOKA ASRI PERMAI

Authors

  • Nur Widjiyati Universitas Amikom Yogyakarta
  • Eko Pramono Universitas Amikom Yogyakarta
  • Emigawaty Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v6i02%20Desember.187

Keywords:

Simpan pinjam , komputerisasi, tabungan

Abstract

Kegiatan Abdimas ini merespon dinamika permasalahan ekonomi dan keuangan di Perumahan Soka Asri Permai, khususnya di RT 11/RW 03. Kompleksitas tantangan ekonomi di kalangan warga, terutama dalam pengelolaan Unit Simpan Pinjam (SIMPIN) dan Tabungan, memunculkan kebutuhan akan solusi inovatif dan berkelanjutan. Di tengah perubahan lingkungan ekonomi yang cepat, keberlanjutan Unit SIMPIN dan Tabungan menjadi fokus utama untuk meningkatkan ketahanan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Permasalahan yang dihadapi oleh warga, terutama bendahara SIMPIN dan Tabungan, meliputi keterbatasan pemahaman akan digitalisasi sistem keuangan, pengelolaan sistem keuangan berbasis online dan offline, serta perlunya perancangan aplikasi berbasis Teknologi Informasi Keuangan yang handal. Kegiatan Abdimas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan teknologi informasi keuangan di Unit SIMPIN dan Tabungan. Melalui metode partisipatif, tim abdimas berupaya merumuskan solusi yang sesuai dan berkelanjutan untuk memperkuat Unit SIMPIN dan Tabungan, memberikan dampak positif pada ketahanan ekonomi warga, dan mendorong pengangkatan ekonomi kerakyatan. Kegiatan Abdimas dilaksanakan melalui serangkaian wawancara, observasi, dan Forum Group Discussion (FGD) dalam beberapa tahap. Penggunaan teknologi digital, seperti platform daring dan aplikasi diskusi khusus, diintegrasikan untuk memfasilitasi dialog yang efektif dan memperkaya interaksi antara tim pengabdian dan peserta FGD. Melalui pelaksanaan Abdimas, tim abdimas berhasil mendokumentasikan dinamika serta permasalahan yang dihadapi oleh komunitas. Implementasi sistem informasi keuangan yang direkomendasikan mendapatkan respons positif dalam FGD tahap 2, menunjukkan peningkatan pemahaman dan penerimaan teknologi informasi keuangan di kalangan bendahara SIMPIN dan Tabungan. Pelatihan teknis, penyuluhan kepada warga, dan kerja sama dengan pemerintah lokal juga merupakan upaya yang berpotensi meningkatkan keberlanjutan dan dampak positif dari kegiatan ini.

Author Biographies

Nur Widjiyati, Universitas Amikom Yogyakarta

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer

Eko Pramono, Universitas Amikom Yogyakarta

Program Studi Teknik komputer, Fakultas Ilmu Komputer

Emigawaty, Universitas Amikom Yogyakarta

Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer

References

I. Febrina, D., Lestari, D. A. H., & Nurmayasari, “Analisis manfaat koperasi dan tingkat partisipasi anggota koperasi simpan pinjam (ksp) subur makmur sejahtera Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah,” J. Ilmu-Ilmu Agribisnis, vol. 7, no. 1, hal. 91–98, 2019.

K. G. A. Utami, “Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Pengelolaan Keuangan Pada Koperasi Simpan Pinjam Di Kabupaten Buleleng,” J. Ilm. Mhs. Akunt., vol. 12, hal. 746–757, 2021.

M. T. Zidni dan B. Fitanto, “Pengaruh Bagi Hasil Literasi Keuangan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Tabungan Koperasi Bmt Ugt Sidogiri Kecamatan Sukun Kota Malang,” Islam. Econ. Financ. Focus, vol. 1, no. 4, 2022.

E. Hapsari, D. W., Pratomo, D., Suryani, “No TitleMengelola laporan keuangan para pelaku usaha pada PKBM Bina Mandiri Bandung,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, 2019.

R. Nurrohmah, R. F., Purbayati, “Pengaruh tingkat literasi keuangan syariah dan kepercayaan masyarakat terhadap minat menabung di bank syariah. Jurnal Maps,” J. Maps (Manajemen Perbank. Syariah), vol. 3, no. 2, hal. 140–153, 2020.

H. Fitra, H., Mulyani, E., Taqwa, S., Halmawati, “Pelatihan Peningkatan Pemahaman Pemanfaatan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Nagari) Di Kabupaten Agam,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 4, hal. 9605–9612, 2023.

S. Syah, S. R., Sufardi, S., Sulaeha, “Akuntabilitas, Partisipasi Masyarakat dan Transparansi dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Pada Desa Tamannyeleng, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa),” Bata Ilyas J. Account., vol. 3, no. 2, 2022.

F. Rahmadhani, T., Isnaini, “Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Perusahaan (Studi Kasus: Pt Mutiara Ferindo Internusa).,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 4, hal. 16–21, 2021.

S. T. Agustina, D. S., Trimarsiah, Y., Novari, S., Faulina, “Pelatihan dan Penerapan Sistem Informasi Keuangan Desa Bandar Jaya Kecamatan Lengkiti,” J-ABDI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 5, hal. 855–862, 2021.

E. Saepudin, “Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Desa Wisata. Dharmakarya,” Dharmakarya J. Apl. Ipteks Untuk Masy., vol. 11, no. 3, hal. 227–234, 2022.

E. Irawan, “Digitalisasi Madrasah di Era Revolusi Industri 4.0: Refleksi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Ponorogo,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 10, no. 2, hal. 160–168, 2019.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Nur Widjiyati, Eko Pramono, & Emigawaty. (2023). FORUM DISKUSI KELOMPOK SIMPAN PINJAM DAN TABUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DI PERUMAHAN SOKA ASRI PERMAI. JURNAL NGABDIMAS, 6(02Desember), 86–94. https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v6i02 Desember.187