PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI CANVA BAGI GURU DI SMK PGRI 1 PALEMBANG

Authors

  • Ermini Ermini Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v6i02Desember.179

Keywords:

Media pembelajaran, Aplikasi Canva

Abstract

Canva merupakan suatu tools desain grafis yang digunakan guru dalam membuat media pembelajaran yang dapat dengan mudah digunakan. Tujuan dari pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMK PGRI 1 Palembang adalah (1 meningkatkan kualitas guru dengan menambah wawasan dalam pembuatan media pembelajaran dengan aplikasi Canva, (2 guru dapat merealisasikan dan mengimplementasikan kemampuan menggunakan aplikasi canva dalam proses pembelajaran. Kegiatan PkM ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari dengan jumlah peserta 32 orang guru. Di mana kegiatan ini dilaksnakan dengan 4 (empat) tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan PkM ini adalah pelatihan dan praktik cara membuat media pembelajaran dengan aplikasi Canva. Hasil yang diperoleh selama kegiatan PkM yaitu adanya peningkatan pemahaman guru terkait penggunaan aplikasi canva dalam proses pembelajaran. Berdasarkan post-test yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dapat disimpulkan dari 32 orang guru/peserta, 20 (62%) orang bisa membuat media pembelajaran dengan aplikasi canva, 12 orang (38%) orang belum bisa membuat media pembelajaran dengan aplikasi canva. Jika dilihat hasil survei tersebut dapat dikatakan bahwa kegiatan PkM dengan melakukan pelatihan ini sangat bermanfaat dan menambah hasil guna bagi guru dalam meningkatkan kualitas dan kinerja dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Media pembelajaran, Aplikasi Canva

References

Arsyad, Azhar. 2002. “Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada.”

Arsyad, Fuad, I. Basuki Munoto, and Euis Ismayati. 2016. “Analisis Media Pembelajaran Menggunakan Software Electrical Control Techniques Simulator (Ekts) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik DI SMK.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 9(03):663–68.

Disurya, Ramanata, Suryati Suryati, Ermini Ermini, Layang Sardana, Sri Husnulwati, Sri Wahyuningsih, and Muhammad Najib Najib. 2021. “Optimalisasi Aplikasi Google Form Dan Google Classroom Untuk Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan 4(2):83–94.

Peraturan Mentri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia No 22 Tahun 2016, Tentang proses Pendidikan

Rahmatullah, Rahmatullah, Inanna Inanna, and Andi Tenri Ampa. 2020. “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12(2):317–27.

Rokhayani, Atik, and Aisyah Ririn Perwikasih Utari. 2014. “The Use of Comic Strips as an English Teaching Media for Junior High School Students.” Language Circle: Journal of Language and Literature 8(2).

Tanjung, Rahma Elvira, and Delsina Faiza. 2019. “Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika.” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika) 7(2):79–85.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ermini, E. (2023). PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI CANVA BAGI GURU DI SMK PGRI 1 PALEMBANG. JURNAL NGABDIMAS, 6(02Desember), 80–85. https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v6i02Desember.179