PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA WEBSITE KOMODITIKU MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Authors

  • Nurul Huda Universitas Bina Darma
  • Hery Suwardi Universitas Bina Darma
  • Firamon Syakti Universitas Bina Darma
  • A. Haidar Mirza Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.36050/betrik.v14i03%20DESEMBER.141

Keywords:

Design Thinking, User Interface, User Experience

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi setiap tahun, terutama dalam bidang internet, tidak hanya mengubah cara masyarakat berpikir, tetapi juga mengubah cara hidup mereka. Jika sebelumnya memasarkan dan membeli barang dilakukan secara offline, sekarang semuanya dapat dilakukan secara online dengan adanya internet. Website komoditiku menjual produk komoditas di toko pertanian (Kios Aldi Pertanian) yang menjual produk pertanian. Salah satu contoh barang komoditas adalah hasil pertanian. Namun, kios aldi pertanian sendiri belum memiliki prototype desain e-commerce, bahkan tidak memiliki website. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk membuat situs web yang memenuhi kebutuhan pengguna. Design Thinking adalah metode pemecah masalah berbasis solusi yang hanya berfokus pada pengalaman pengulangan pengguna. Proses metode ini terdiri dari beberapa langkah: memperhatikan, mendefinisikan, mengidealkan, prototype, dan menguji. Selanjutnya, data akan dikumpulkan melalui penelitian literatur, observasi, dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan User Interface dan User Experience pada website komoditiku yang dapat mengeksplorasi atau memasarkan produk secara online dengan menggunakan pendekatan design thinking untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

References

Haryuda, D., Asfi, M., Fahrudin, R., 2021. Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap. 8, 111–117.

Syabana, R.I., Saputra, P.Y., others, 2020. Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Kotakku, in: Seminar Informatika Aplikatif Polinema. pp. 47–52.

Shirvanadi, E., Idris, M., 2021. Perancangan ulang UI/UX website E-learning menggunakan metode design thinking. AUTOMATA 2.

Dinnur, M., Desintha, S., 2021. Perancangan Ui/ux Aplikasi Mobile" infoba" Untuk Mengurangi Penyebaran Berita Hoaks Di Kota Balikpapan. EProceedings Art Des. 8.

Nurliana, F., Hanifati, G., 2022. Analisis User Experience terhadap User Interface Website dengan Design Thinking. Magenta Off. J. STMK Trisakti 6, 971–991.

Aulia, N., Andryana, S., Gunaryati, A., 2021. Perancangan user experience aplikasi mobile charity menggunakan metode design thinking user experience design of mobile charity application using design thinking method. vol 11, 26–36.

Juliansyah, I.A., 2022. Perancangan User Experience Pada Website Penjualan Kerajinan Tangan Dengan Metodologi Design Thinking.

Soedewi, S., Mustikawan, A., Swasty, W., 2022. Penerapan metode design thinking pada perancangan website umkm kirihuci.

Syaputra, A. (2021). Aplikasi E-Kelurahan Untuk Peningkatan Pelayanan Administrasi Dalam Mendukung Penerapan E-Government. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 20(2), 379-388.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Nurul Huda, Suwardi, H., Syakti, F., & Mirza, A. H. (2023). PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA WEBSITE KOMODITIKU MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. JURNAL ILMIAH BETRIK, 14(03 DESEMBER), 479–489. https://doi.org/10.36050/betrik.v14i03 DESEMBER.141