AIDA MODEL : ANALISA PENGARUH VIDEO IKLAN TERHADAP MINAT BELI JASA SALON MOBIL

Authors

  • Steven Kurniawan universitas internasional batam
  • Zulkarnain Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.36050/betrik.v15i01%20APRIL.178

Keywords:

AIDA Model, Video Iklan, Minat Beli, Kota Batam.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video iklan yang diterapkan dengan Model AIDA terhadap minat pembelian jasa salon mobil di Kota Batam. Model AIDA, yang mengacu pada Attention, Interest, Desire, dan Action, digunakan sebagai kerangka kerja untuk mengukur efektivitas video iklan dalam memengaruhi keputusan pelanggan. Melalui studi ini, kami melakukan survei terhadap calon pelanggan salon mobil di Kota Batam dan menganalisis respons mereka terhadap video iklan yang mengikuti prinsip-prinsip Model AIDA.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa video iklan yang mengikuti Model AIDA memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian jasa salon mobil. Tahap "Attention" berhasil menarik perhatian calon pelanggan, "Interest" membangun minat mereka, "Desire" menciptakan keinginan untuk menggunakan layanan salon mobil, dan "Action" mendorong mereka untuk melakukan tindakan pembelian. Temuan ini memberikan wawasan berharga kepada pemilik bisnis salon mobil di Kota Batam tentang pentingnya merancang video iklan yang memanfaatkan Model AIDA untuk meningkatkan minat dan konversi pelanggan. Penelitian ini juga memperkuat gagasan bahwa pemasaran melalui video iklan dapat menjadi alat yang efektif dalam memengaruhi keputusan pembelian pelanggan dalam lingkungan bisnis yang kompetitif.

References

L. Purwianti, Y. Ratna, And D. Lukito, “Analisis Pengaruh City Branding Kota Batam Terhadap Brand Attitude (Studi Kasus Pada Stakeholder Di Kota Batam),” 2014. [Online]. Available: Http://Simreg.Bappenas.Go.Id/Document/Profil/Profil%20pembang

P. Guru Sekolah Dasar And F. Bahasa Dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, “Jurnal Pendidikan Dasar | P-Issn,” 2019.

A. Viela Tusanputri And F. Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro, “Pengaruh Iklan Dan Program Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform E-Commerce Tiktok Shop,” Forum Ekonomi, Vol. 23, No. 4, Pp. 632–639, 2021, [Online]. Available: Http://Journal.Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Forumekonomi

T. Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel Di Kota Bengkulu Nori Dwi Apriandi, A. Soleh, And T. Irwanto, “The Effect Of Application Of Aida (Attention, Interest, Desire And Action) On Telkomsel Card Purchase Decisions In Bengkulu City Pengaruh Penerapan Aida (Attention, Interest, Desire Dan Action),” 2023. [Online]. Available: Www.Telkomsel.Com

S. A. Lusinia, H. Yanto, And M. Saputra, “Penerapan Metode Weighted Product Dalam Memperdiksi Permintaan Konsumen Di Salon Mobil Singgalang Motor,” J Teknol, Vol. 10, No. 02, 2020.

Mm. Ali, T. Hariyati, M. Yudestia Pratiwi, And S. Afifah Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, “Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian.”

Y. R. Sari And E. Nurmiati, “Analisis Kepuasan Pengguna Google Classroom Menggunakan Pieces Framework (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi Uin Jakarta),” Vol. 5, No. 2, 2021, Doi: 10.30743/Infotekjar.V5i2.3349.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Steven Kurniawan, & Zulkarnain. (2024). AIDA MODEL : ANALISA PENGARUH VIDEO IKLAN TERHADAP MINAT BELI JASA SALON MOBIL. JURNAL ILMIAH BETRIK, 15(01 APRIL), 24–30. https://doi.org/10.36050/betrik.v15i01 APRIL.178