ANALISIS PENGARUH DESAIN TOKO SERBA SERBI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA TOKO BATAM OFFICIAL SHOP DI SHOPEE

Authors

  • Ryandy Sonata Universitas internasional Batam
  • Muhamad Dody Firmansyah Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.36050/betrik.v15i01%20APRIL.175

Keywords:

E-Commerce; Shopee; Toko Serba Serbi

Abstract

Dengan melakukan penelitian ini bermaksud untuk menganalisis pengaruh suatu desain pada toko Batamofficialshop untuk menarik minat beli konsumen. Shopee merupakan salah satu platform belanja online yang paling menarik banyak minat pengguna di Indonesia. permasalahan yang diperoleh penelitian ini adalah apakah desain yang ada di toko Batamofficialshop termasuk menarik atau tidaknya dalam konsumen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan 2 teknik pengumpulan data berupa kusioner dan wawancara. kuesioner dalam penelitian disusun dengan total 10 pertanyaan yang terdiri 5 pertanyaan desain toko dan 5 pertanyaan minat beli konsumen.Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pembaca maupun toko Batamofficialshop untuk mengetahui dan memahami hasil analisi pengaruh desain toko serba serbi terhadap minat beli konsumen pada Toko Batamofficialshop di Shopee.

References

Giyan A’yuni, Shafa, Dhety Chusumastuti, Sekolah Tinggi, Multi Media, " Mmtc, and " Yogyakarta. 2021. “Pengaruh User Interface Aplikasi Shopee Terhadap Minat Beli Masyarakat The Effect of User Interface of Shopee Application to People’s Buying Interest.” Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunika 5: 49–58.

Agung, Halim, Rustono Farady Marta, and Christanti Christanti. 2021. “Dampak Strategi Pemasaran Digital Shopee Terhadap Pembelian Impulsif Produk Kesehatan Selama Pandemi Di Indonesia.” Communication 12 (2): 122–31. https://doi.org/10.36080/comm.v12i2.1500.

Zahrah, Alika, Mayasari Mayasari, and Yanti Tayo. 2022. “Pengaruh Pengunaan Aplikasi Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 6 (2): 3637–43. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.2887.

Kesumawati, Ramadini, and Hendry Hendry. 2022. “Analisis Kepuasan Nasabah Menggunakan Metode Service Quality Dan Customer Satisfaction Index.” Building of Informatics, Technology and Science (BITS) 4 (1):88–95. https://doi.org/10.47065/bits.v4i1.1557.

FAUZI, SIS NUR MUHAMMAD. 2021. “PENERAPAN METODE MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN NARASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII A MTs NEGERI 2 PURBALINGGA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020.” LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra 1 (1): 1–13. https://doi.org/10.51878/language.v1i1.354.

Zen, Camelia Evionita, Shofia Namira, and Tri Rahayu. 2022. “Rancang Ulang Desain UI (User Interface) Company Profile Berbasis Website Menggunakan Metode UCD (User Centered Design).” Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer Dan Aplikasinya (SENAMIKA), no. April: 17–26.

Iswiyanti, Agus Sri. 2021. “ANALISIS TINGGKAT BELANJA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA.” Jurnal Invovasi Penelitian (JIP) 2 (2): 391–96.

Djollong, Andi Fitriani. 2019. “Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantitative Research).” Istiqra’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 2 (1): 86–100. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224.

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Zen, Camelia Evionita, Shofia Namira, and Tri Rahayu. 2022. “Rancang Ulang Desain UI (User Interface) Company Profile Berbasis Website Menggunakan Metode UCD (User Centered Design).” Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer Dan Aplikasinya (SENAMIKA) 3 (1): 17–26.

Firmansyah, Muhamad Dody, and Christian Christian. 2022. “Pengembangan Dan Implementasi Desain UI/UX Website Sistem Laporan Keuangan Di SMK Multistudi High School Batam Menggunakan Kerangka Kerja Agile Scrum.” National Conference for Community Service Project (NaCosPro) 4 (1): 1242–52.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Ryandy Sonata, & Muhamad Dody Firmansyah. (2024). ANALISIS PENGARUH DESAIN TOKO SERBA SERBI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA TOKO BATAM OFFICIAL SHOP DI SHOPEE. JURNAL ILMIAH BETRIK, 15(01 APRIL), 17–23. https://doi.org/10.36050/betrik.v15i01 APRIL.175