ANALISA PENGARUH VIDEOGRAFI PROMOSI DESTINASI WISATA TERHADAP DAYA MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI SURVEI VIDEO PROMOSI PULAU BINTAN)

Authors

  • Hendi Sama Universitas Internasional Batam
  • Edi Santoso Universitas Internasional Batam
  • Indasari Deu Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.36050/betrik.v15i01%20APRIL.174

Keywords:

Videografi, pariwisata, tourism, multimedia, promosi destinasi wisata

Abstract

Pariwisata telah menjadi salah satu bagian dari pilar ekonomi yang cukup penting dan berpengaruh di setiap negara. Melalui promosi destinasi wisata berbasis multimedia, khususnya dengan menggunakan teknik videografi, pelaku bisnis destinasi wisata dapat menceritakan dan mempromosikan kearifan budaya lokal, tradisi lokal, agama, kuliner, sejarah, kesempatan untuk investasi pembangunan, aktivitas atau olahraga unik, hingga resort ataupun akomodasi. Dengan adanya kampanye promosi destinasi wisata berbasis multimedia, dapat menarik minat calon wisatawan dengan penyampaian informasi secara tepat sasaran melalui audio maupun visual yang dapat dilihat dan didengar melalui alat komunikasi yang miliki oleh setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dampak videografi dalam mempromosikan destinasi wisata terhadap daya minat kunjungan wisatawan dengan mengidentifikasi elemen-elemen dalam sebuah kampanye promosi dengan teknik videografi yang dapat mempengaruhi persepsi dan keputusan calon wisatawan untuk berkunjung ke sebuah destinasi wisata. Dengan metode penelitian studi survei ini, dapat dikumpulkan data opini dari calon wisatawan yang telah menonton video promosi destinasi wisata, hasil respon dan penelitian ini dapat memberikan arahan dan petunjuk bahwa kualitas, teknis dan konten video promosi memainkan peran penting dalam membentuk minat positif bagi para wisatawan untuk berkunjung ke suatu destinasi wisata. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengaruh videografi promosi dalam industri pariwisata dan memberikan panduan bagi pemasar destinasi wisata untuk menciptakan kampanye promosi yang lebih efektif, efisien, tepat sasaran serta memberikan pemahaman lebih tentang perilaku konsumen atau consument behaviour dalam konteks pariwisata yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya tarik dan minat calon wisatawan untuk berkunjung ke suatu destinasi wisata dan mendukung pertumbuhan industri pariwisata setempat.

References

J. J. Bintarto And I. S. I. Lestari, “Pemanfaatan Video Animasi 3d Sebagai Media Promosi Wisata Kota Medan (Studi Kasus: Kawasan Medan Heritage),” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., Vol. 9, No. 1, Pp. 123–142, 2020.

T. Wibowo And A. D. Kurniadi, “Perancangan Dan Pembuatan Video Promosi Wisata Kota Bengkulu Menggunakan Metode Addie,” Conf. Business, Soc. Sci. Technol. , Vol. 1, No. 1, Pp. 365–374, 2021.

P. F. T. Agnianto, “Strategi Pemasaran Disbudpar Dalam Memperkenalkan Pariwisata Kabupaten Bintan (Studi Kasus Pada Media Sosial Instagram),” J. Advert. Fak. Pariwisata Dan Ind. Kreat., Vol. 2, No. 2, Pp. 43–61, 2022.

S. R. D. Harahap, “Perancangan Video Promosi Wisata ‘Negeri Wisata Sejuta Pesona’ Tapanuli Tengah,” Iam-Indonesia, Vol. 1, No. 1, Pp. 84–93, 2023, [Online]. Available: Http://Iam-Indonesia.Org/Index.Php/Dkv/Article/View/13.

B. Syahputra, “Pengembangan Videografi Makanan Di Pasar Malam Taiwan Berbasis Research And Development,” J. Inf. Syst. Technol., Vol. 3, No. 3, P. 28, 2022, Doi: 10.37253/Joint.V3i3.7330.

R. Ladistin, T. H. Erwin, And C. B. Septyandi, “Perancangan Cinematic Video Profil Sebagai Media Promosi Destinasi Wisata Kampung Adat Cireundeu,” Strateg. Pemasaran, Pariwisata, Teor. Uses Gratifications, Instagram, Vol. 13, No. 01, Pp. 1373–1378, 2022.

W. Anindhita, E. Sari, D. Ariana, And D. Rahmawati, “Media Promosi Bisnis Wisata Susur Sungai Melalui Pelatihan Teknologi Media Digital Untuk Masyarakat Binaan Di Ciliwung Dki Jakarta,” J. Karya Abdi …, Vol. 6, No. 1, Pp. 94–100, 2022.

D. Afrina Sihombing And O. I. B. Hariyanto, “Digital Pemasaran Pariwisata Dan Pendekatan Soft Skill Di Destinasi Wisata,” Altasia J. Pariwisata Indones., Vol. 1, No. 2, Pp. 47–52, 2019, Doi: 10.37253/Altasia.V1i2.464.

A. Bintang And W. Swasty, “Destination Branding Melalui Video Promosi Studi Kasus Pantai Sindangkerta Kabupaten Tasikmalaya,” Visual, Vol. 14, No. 2, Pp. 25–37, 2019.

Jajae And A. Hukom, “Analisis Potensi Pengembangan Destinasi Wisata Pelabuhan Rambang Kota Palangka Raya,” J. Maisyatuna, Vol. 4, No. 2, Pp. 47–57, 2023.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Sama, H., Edi Santoso, & Deu, I. (2024). ANALISA PENGARUH VIDEOGRAFI PROMOSI DESTINASI WISATA TERHADAP DAYA MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI SURVEI VIDEO PROMOSI PULAU BINTAN). JURNAL ILMIAH BETRIK, 15(01 APRIL), 9–16. https://doi.org/10.36050/betrik.v15i01 APRIL.174