PENERIMAAN PROTOTIPE VIDEO GAME 3D RPG MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK RPG DEVELOPER BAKIN
DOI:
https://doi.org/10.36050/betrik.v14i03%20DESEMBER.171Keywords:
Video Game 3D RPG, RPG Developer Bakin, Penerimaan, GDLCAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan dari sebuah Video Game 3D RPG yang dikembangkan oleh pengembang lokal menggunakan bantuan perangkat lunak RPG Developer Bakin. Penelitian ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) sebagai landasan dasar pengembangan Video Game 3D RPG yang memiliki 6 tahap yaitu initation (Inisiasi), pre-production (Praproduksi), production (Produksi), testing (Pengujian), beta (Pengujian Beta), and release (Distribusi). Perangkat lunak RPG Develoer Bakin merupakan perangkat lunak yang baru dirilis, menjadikan penelitian ini cara unik untuk mengetahui penerimaan dari sebuah video game yang dikembangkan menggunakan perangkat lunak ini, membedakan penelitian yang terdahulu yang menggunakan perangkat lunak berbeda semisalnya RPG Maker MV. Penelitian ini juga betujuan untuk mengetahui apakah video game yang dikembangkan oleh pengembang lokal layak untuk dimainkan dan dikembangkan lebih lanjut, serta ingin mengambil kesempatan dalam potensi pengembangan Video Game 3D RPG dalam industri Pengembangan Game di Indonesia. Pengumpulan data akan menggunakan pendekatan metode kualitatif wawancara dan setelah itu data akan dikonversikan menjadi skala Likert, wawancara akan dilakukan kepada mahasiswa Universitas Internasional Batam sebanyak 30 orang yang aktif bermain video game, setelah mendapatkan data maka akan dihitung dengan skala Likert. Hasil pada penelitian ini menunjukkan tingkat penerimaan yang tinggi, dengan rata-rata penerimaan 97%.
References
D. Novianty, “Kominfo: Orang Indonesia Lebih Banyak Main Game di Ponsel,” Suara.Com, 2022. https://www.suara.com/tekno/2022/07/10/101706/kominfo-orang-indonesia-lebih-banyak-main-game-di-ponsel#:~:text=Sesuai Peta Ekosistem Industri Game,orang di berbagai macam platform. (accessed Dec. 20, 2022).
Syahdan, “Inilah Prediksi 5 Genre Game Terpopuler di Tahun 2021 Versi Dunia Games,” Dunia Games, 2020. https://duniagames.co.id/discover/article/prediksi-5-genre-game-terpopuler-di-tahun-2021 (accessed Dec. 20, 2022).
Y. Habib Alfatha, “Apa itu Video Game? - Refreshing / Brain Game - Dictio Community,” Dictio.id, 2021. https://www.dictio.id/t/apa-itu-video-game/160579 (accessed Dec. 19, 2022).
I. Ayu, “Industri Game Lokal Hanya Kuasai 0,4 Persen Pasar,” 2021. https://ekonomi.bisnis.com/read/20210803/257/1425334/industri-game-lokal-hanya-kuasai-04-persen-pasar (accessed Dec. 20, 2022).
M. R. Siregar and N. Nelmiawati, “Game 3D ‘Lawan Narkoba’ Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC),” J. Appl. Multimed. Netw., vol. 4, no. 1, pp. 24–31, 2020, doi: 10.30871/jamn.v4i1.1634.
M. A. Thalib, “Pelatihan Teknik Pengumpulan Data Dalam Metode Kualitatif Untuk Riset Akuntansi Budaya,” Seandanan J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 2, no. 1, pp. 44–50, 2022, doi: 10.23960/seandanan.v2i1.29.
N. F. Eldiana and N. E. Muliawati, “PENGEMBANGAN GAME ‘ COC ’ RPG MAKER MV SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KPK Pembelajaran matematika berperan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan seseorang mampu menguasai berbagai pengetahuan dan memungkinkan mereka untuk memecahkan masa,” vol. 5, no. 2, 2019.
M. Mustofa, J. L. Putra, and C. Kesuma, “Penerapan Game Development Life Cycle Untuk Video Game Dengan Model Role Playing Game,” Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 27–34, 2021, doi: 10.31294/coscience.v1i1.158.
F. N. Khasanah, S. Murdowo, T. Informatika, U. Bina, P. Beta, and P. N. Fungsional, “Pengujian Beta Pada Aplikasi Game Edukasi,” Infokam, vol. 15, no. 2, pp. 83–89, 2019.
A. Sucipto et al., “Penerapan Sistem Informasi Profil Berbasis Web Di Desa Bandarsari,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 3, no. 1, p. 29, 2022, doi: 10.33365/jsstcs.v3i1.1512.
Syaputra, A. (2022). Implementasi Metode Random Sampling Pada Animasi Motion Grapich Herbisida Dan Fungisida. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 11(2), 142-147.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zulkarnain, Victor Franky
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.