ANALISIS PENGARUH USER INTERFACE (UI) & USER EXPERIENCE (UX) PADA WEBSITE FASHION TERHADAP MINAT REPURCHASE PELANGGAN (STUDI KASUS: CHARLES & KEITH DAN PEDRO)

Authors

  • Jecelyn Universitas Internasional Batam
  • Muhamad Dody Firmansyah Universitas International Batam

DOI:

https://doi.org/10.36050/betrik.v14i03%20DESEMBER.165

Keywords:

Fashion, Charles & Keith, Pedro, Website, User Interface, User Experience

Abstract

Fashion merupakan sebuah gaya atau sebuah cara untuk mengekspresikan diri melalui cara berpakaian untuk tampil lebih menarik terutama bagi seorang Wanita dalam berpenampilan yang menggunakan berbagai akseksoris terutama tas. Salah satu tas Brand dengan kualitas bagus dan harga terjangkau adalah Charles & Keith dan Pedro yang dikelolah oleh perusahaan yang sama dengan konsep yang sama. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan utuk melakukan perbandingan mengenai pengaruh User Interface dan User Experience  terhadap minat Repurchase pada website Charles & Keith dan Pedro. User Interface  merupakan tampilan visual sebuah produk yang tampilannya dapat berupa warna, bentuk, serta tulisan yang didesain sesuai kebutuhan pengguna. User Experience (UX) merupakan suatu masukan, tanggapan, atau hal yang dirasakan dari seorang pengguna yang telah menggunakan suatu produk atau sistem layanan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantittatif dengan penyebaran 2 kuesioner dan melakukan pengolahan data menggunakan SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa User Interface dan User Experience berpengaruh terhadap minat Repurchase pelanggan namun tidak signifikan terutama pada website Charles & Keith. 

References

A. S. Muhamad, “Pengaruh Kegunaan, Informasi, Layanan Interaksi, User Interface Dan User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Website Detik.Com Menggunakan Metode Webqual 4.0, User Experience Questionnaire (Ueq) Dan Eight Golden Rules,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., Vol. 5, No. 2, P. 259, 2021, Doi: 10.52362/Jisicom.V5i2.613.

S. Giyan A’yuni And D. Chusumastuti, “Pengaruh User Interface Aplikasi Shopee Terhadap Minat Beli Masyarakat,” J. Ilm. Manaj. Inf. Dan Komun., Vol. 5, Pp. 49–58, 2021.

M. Alfiansyah And R. A. Nurlinda, “Pengaruh Utilitarian Value , Hedonic Value , Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian,” Vol. 1, No. 4, Pp. 298–327, 2023.

M. G. Izzuddin And I. Ilahiyyah, “Pengaruh User Interface, Brand Image, Dan Digital Literacy Terhadap Minat Penggunaan Bank Digital,” J. Maksipreneur Manajemen, Koperasi, Dan Entrep., Vol. 12, No. 1, P. 144, 2022, Doi: 10.30588/Jmp.V12i1.994.

K. Apriliani, R. Setiawati, D. M. Ningtyas, F. Febiola, And C. H. Primasari, “Analisis User Experience Pada Aplikasi Line Webtoon,” Konstelasi Konvergensi Teknol. Dan Sist. Inf., Vol. 2, No. 2, Pp. 403–410, 2022, Doi: 10.24002/Konstelasi.V2i2.5334.

A. Anggrahi Marjani Asniati And F. Fourqoniah, “Pengaruh User Interface (Ui) Dan User Experience (Ux) Terhadap Minat Beli Ulang Akun Netflix,” J. Ilmu Sos., Vol. 2, No. 4, Pp. 1–7, 2023.

L. Nilawati And I. D. Bimo, “Pengaruh Motivasi Pada Kinerja Belajar,” J. Manaj. Bisnis, Vol. 3, No. 3, Pp. 287–303, 2011.

Alias And S. Serang, “Pengaruh Pengetahuan, Sikap Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan,” J. Ilmu Ekon., Vol. 1, No. 1, Pp. 82–97, 2018, Doi: 10.57178/Paradoks.V1i1.177.

S. Buwono And J. A. Dewantara, “Hubungan Media Internet, Membaca, Dan Menulis Dalam Literasi Digital Mahasiswa,” J. Basicedu, Vol. 4, No. 4, Pp. 1186–1193, 2020, Doi: 10.31004/Basicedu.V4i4.526.

A. Yanny, S. A. Hutabarat, And A. M. H. Sihite, “Pengaruh Website Stmik Budi Darma Terhadap Penerimaan Mahasiswa Dengan Model Tam ( Studi Kasus : Mahasiswa Stmik Budi Darma ),” No. 338, Pp. 720–724, 2019.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Jecelyn, & Muhamad Dody Firmansyah. (2023). ANALISIS PENGARUH USER INTERFACE (UI) & USER EXPERIENCE (UX) PADA WEBSITE FASHION TERHADAP MINAT REPURCHASE PELANGGAN (STUDI KASUS: CHARLES & KEITH DAN PEDRO). JURNAL ILMIAH BETRIK, 14(03 DESEMBER), 611–617. https://doi.org/10.36050/betrik.v14i03 DESEMBER.165