ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP E-LEARNING UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG DENGAN USABILITY TESTING

Authors

  • Anisa Kardiana Universitas Bina Darma
  • Ilman Zuhri Yadi Universitas Bina Darma
  • Muhammad Ariandi Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.36050/betrik.v14i03%20DESEMBER.162

Keywords:

Usability Testing, UMP, e-learning

Abstract

E-Learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang bisa diberikan oleh Universitas. E-learning diharapkan dapat memberikan layanan Pendidikan terbaik bagi mahasiswanya. Universitas Muhammadiyah Palembang merupakan salah satu Universitas yang memanfaatkan teknologi e-learning sejak tahun 2016 sebagai layanan akademik yang biasanya digunakan oleh mahasiswa dan juga dosen Universitas Muhammadiyah Palembang. Tujuan dibentuknya e-learning ini untuk memudahkan mahasiswa maupun dosen dalam membagikan materi pembelajaran buat mahasiswa dan bisa mengakses e-learning dari jarak jauh. Pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode usability testing untuk mengukur tingkat kebergunaan e-learning dalam lima variabel. Penelitian ini juga di bantu dengan beberapa teknik yaitu wawancara, observasi, dan kuesioner yang dilakukan kepada pengguna e-learning UMP. Sebagai sasaran responden yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 95 responden, maka dapatlah hasil pengukuran akhir dari usability testing pada semua komponen hasil yang didapat yaitu 69%. Berdasarkan skala 61-80 berarti e-learning pada Universitas Muhammadiyah Palembang Puas digunakan oleh mahasiswa dan mahasiswi UMP.

References

F. Sujito, R. Arifudin, And F. Y. Arini, “An Analysis Of User Interface And User Experience Using System Usability Scale And Goms Method,” Journal Of Advances In Information Systems And Technology, Vol. 1, No. 1, 2019, [Online]. Available: Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jaist

R. Klarasati And T. Sutabri, “Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Dosen Terhadap Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Usability Pada Universitas Prabumulih”.

N. W. Utami, I. Ketut, R. Arthana, I. Gede, And M. Darmawiguna, “Evaluasi Usability Pada E-Learning Universitas Pendidikan Ganesha Dengan Metode Usability Testing.”

I. Putu, G. Astawa, I. Gede, M. Darmawiguna, And N. Sugihartini, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Kepegawaian Kabupaten Badung (Simpeg Badung) Menggunakan Metode Usability Testing (Studi Kasus: Smp Negeri 3 Petang),” 2019.

T. Hidayat, “Analisis E-Learning Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Mahasiswa Menggunakan Metode System Usability Scale,” 2022.

A. Munir, “Informatika Dan Teknologi (Intech) Analisis Aplikasi Dapodik Sd Versi 2022.A Dengan Menggunakan Metode Usability Testing,” Jurnal Intech, Vol. 2, No. 2, Pp. 1–6, 2021.

M. Alvian Kosim, S. Restu Aji, And M. Darwis, “Pengujian Usability Aplikasi Pedulilindungi Dengan Metode System Usability Scale (Sus) 1),” Jurnal Sistem Informasi Dan Sains Teknologi, Vol. 4, No. 2, 2022.

A. Supriyatna, “Penerapan Usability Testing Untuk Pengukuran Tingkat Kebergunaan Web Media Of Knowledge,” Jurnal Ilmiah Teknologi-Informasi Dan

Ariandi.M , Risqi Mn, “Analysis Of Android Based Palembang Bibik Sayur Application Using Usability Testing,” Jurnal Teknik Informatika (Jutif ), 2022.

Atika Linda,Jimmi, “Analisis Kepuasan Pengguna Halodoc Dengan Menggunakan Metode Usability Testing”, Repositori Bina Darma, 2022.

Syaputra, A., & Sasmita, S. (2021). Implementasi Algoritma Promethee II Pada Pemilihan Media Belajar Daring Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 10(3), 340-345.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Anisa Kardiana, Ilman Zuhri Yadi, & Muhammad Ariandi. (2023). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP E-LEARNING UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG DENGAN USABILITY TESTING. JURNAL ILMIAH BETRIK, 14(03 DESEMBER), 595–603. https://doi.org/10.36050/betrik.v14i03 DESEMBER.162