PENGARUH EFEKTIVITAS PELAYANAN PENDAFTARAN DAN KUALITAS PELAYANAN DIMEDIASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN DAN KINERJA RUMAH SAKIT

Authors

  • Hana Fauziah Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
  • Franky Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
  • Jubery Marwan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

DOI:

https://doi.org/10.36050/betrik.v15i02%20AGUSTUS.319

Keywords:

Efektivitas Pelayanan Pendaftaran; Kualitas Pelayanan; Kinerja Rumah Sakit; Kepuasan Pasien.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis efektivitas pelayanan pendaftaran terhadap kinerja rumah sakit, menganalisis kualitas pelayanan terhadap kinerja rumah sakit, menganalisis efektivitas pelayanan pendaftaran dan kualitas pelayanan terhadap kinerja rumah sakit dimediasi oleh variabel kepuasan pada Rumah Sakit Umum Daerah Banten. Bahan dan Metode: Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode analisis statistic-inferensial, dan teknis analisis data regresi dan sobel test. Pasien di RSUD Banten sebanyak 80 orang. Sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan teknik pengambilan purposive sampling. Hasil Penelitian: Menunjukan bahwa efektivitas pelayanan pendaftaran berpengaruh terhadap kinerja rumah sakit, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kinerja rumah sakit dan efektivitas pelayanan pendaftaran tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja rumah sakit melalui kepuasan pasien.

References

Rahayu, S. (2018). Manajemen Kualitas Layanan Rumah Sakit. Medan: USU Press.

Smith, J. (2018). “The Impact of Registration Effectiveness on Hospital Performance: A Case Study.” Journal of Healthcare Management, 42(3), 123-138.

Brown, R., & Lee, C. (2020). “Patient Service Quality and Its Influence on Hospital Performance: Evidence from a Cross-Sectional Study.” Healthcare Administration Review, 55(2), 87-102.

Johnson, M. (2019). “Hospital Performance Metrics: A Comprehensive Review.” Healthcare Management Journal, 48(4), 210-225.

Tania Latipah, Siti Solihah, Sali Setiatin. (2021). Pengaruh Rekam Medis Elektronik Terhadap Peningkatan Efektivitas Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit X. Cerdika: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(10), 215.

Ni Made Ni Luh Putu. (2021). Efektivitas Penerapan Pelayanan Pendaftaran Online pada Pasien Rawat Inap di RSUD Wangaya Denpasar. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 8(1),1-7.

El Kariema, I. H., Siyoto, S., & Wardani, R (2021). Pengaruh Kualitas Pendaftaran Online (Berbasis Web dan Aplikasi) terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi. Jurnal Afiyah. 9(2).

Garcia, M., & Wang, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan pada Bagian Pendaftaran Rumah Sakit. Health Services Research, 30(4), 210-225.

Kim, S., & Chen, Q. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bagian Pendaftaran terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Medistra Jakarta. Journal of Healthcare Quality, 38(1), 56-68.

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Hana Fauziah, Franky, & Jubery Marwan. (2024). PENGARUH EFEKTIVITAS PELAYANAN PENDAFTARAN DAN KUALITAS PELAYANAN DIMEDIASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN DAN KINERJA RUMAH SAKIT. JURNAL ILMIAH BETRIK, 15(02 AGUSTUS), 240–248. https://doi.org/10.36050/betrik.v15i02 AGUSTUS.319