MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN HERBIVORA, KARNIVORA, OMNIVORA MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE DI SEKOLAH DASAR SDIT LANTABUR PAGARALAM BERBASIS ANDROID

Authors

  • Nanda S. Prawira Institut Teknologi Pagar Alam
  • Asep Syaputra Institut Teknologi Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.36050/betrik.v15i02%20AGUSTUS.299

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk merancang multimedia pembeajaran pengenalan hewan herbivora, karnivora, omnivora di Sekolah Dasar SDIT Lantabur Pagar Alam, karena semakin majunya zaman maka sistem beajar pasti akan berkembang juga serta mempermudah dalam penyampaian materi pembeajaran. Peneitian ini dilatar beakangi oleh anak-anak yang sangat mudah memahami penjeasan pada film kartun atau animasi yang di tontonnya. Dampaknya jika kurangnya keinginan anak-anak untuk beajar dapat berakibat buruk bagi anak itu sendiri. Multimedia pembeajaran ini di rancang dengan menggunakan metode pengembangan sistem mode ADDIE,dimana terdapat 5 tahapan dalam metode yang di pakai yaitu analisis, desain, pengembangan(deveopment),kemudian implementasi serta yang terakhir evaluasi, aplikasi yang di gunakan untuk membangun multimedia pemebeajaran ini ialah Adobe Animate.. Animasi ini bertujuan untuk menanamkan keinginan siswa dan siswi untuk beajar, materi mudah di pahami oleh siswa dan siswi mengasah otak kiri siswa dan siswi untuk beajar. Pengujian aplikasi ini menggunakan Alpha dan Beta Test atau menggukan Black Box Testing. Hasil dari pengujian tersebut terdapat nilai yang signifikan dari hasil beajar siswa yang semula rata-rata mendapa nilai 35.5 menjadi 82.5 sehingga dengan nilai tersebut bisa di kategorikan keberhasilan dalam meningkatkan minat beajar siswa.

References

I. A. Huda, “Pelrkelmbangan telknologi informasi dan komunikasi (TIK) telrhadap kualitas pelmbellajaran di selkolah dasar,” Jurnal Pelndidikan Dan Konselling (JPDK), vol. 2, no. 1, pp. 121–125, 2020.

H. Praseltiawan, “Optimalisasi multimeldia dalam layanan bimbingan dan konselling,” in Prosiding Selminar Bimbingan dan Konselling, 2017, pp. 199–204.

I. D. Kurniawati, “Meldia pelmbellajaran belrbasis multimeldia intelraktif untuk melningkatkan Pelmahaman konselp mahasiswa,” DoublelClick: Journal of Computelr and Information Telchnology, vol. 1, no. 2, pp. 68–75, 2018.

W. A. Praseltya, I. I. W. Suwatra, and L. P. P. Mahadelwi, “Pelngelmbangan videlo animasi pelmbellajaran pada mata pellajaran matelmatika,” Jurnal Pelnellitian dan Pelngelmbangan Pelndidikan, vol. 5, no. 1, pp. 60–68, 2021.

G. L. A. K. Putra, “Pelmanfaatan animasi promosi dalam meldia youtubel,” in SElNADA (Selminar nasional manajelmeln, delsain dan aplikasi bisnis telknologi), 2019, pp. 259–265.

D. Rosadi and R. Ridwan, “Animasi Pelmbellajaran Intelraktif Microsoft Visual Basic 6.0 Belrbasis Flash,” Jurnal Computelch & Bisnis (el-Journal), vol. 9, no. 2, pp. 132–137, 2015.

G. R. Prabowo, W. Hidayat, and S. K. Sari, “Aplikasi Pelmbellajaran Sistelm Pelrnafasan Pada Manusia Belrbasis Multimeldia Untuk Siswa Kellas Lima Selkolah Dasar,” elProceleldings of Applield Scielncel, vol. 2, no. 3, 2016.

Z. R. Mair and T. Supriadi, “Meldia pelmbellajaran sistelm pelrnapasan pada manusia belrbasis multimeldia,” Jurnal TIPS: Jurnal Telknologi Informasi dan Komputelr Politelknik Selkayu, vol. 6, no. 1, pp. 20–30, 2017.

M. Rosmiati and C. Sitasi, “Animasi Intelraktif Selbagai Meldia Pelmbellajaran Bahasa Inggris Melnggunakan Meltodel ADDIEl,” Paradigma: Jurnal Komputelr Dan Informatika Univielrsitas Bina Sarana Informatika, vol. 21, no. 2, p. v21i2, 2019.

K. Rusmulyani, “Study Pelngelmbangan Pelndidikan dan Pellatihan bagi Aparatur Sipil Nelgara Belrbasis Implelmelntasi Modell Addiel,” SAP (Susunan Artikell Pelndidikan), vol. 5, no. 2, 2020.

M. Anindita and M. T. Riyanti, “Treln flat delsign dalam delsain komunikasi visual,” Jurnal Dimelnsi DKV: Selni Rupa dan Delsain, vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2016.

A. Triyono, “Pelmbelrdayaan Masyarakat mellalui community delvellopmelnt program posdaya (pos pelmbelrdayaan kelluarga) PT. Holcim Indonelsia Tbk Pabrik Cilacap,” 2014.

W. Kustiawan elt al., “Relkaman Audio Dalam Pelnyiaran Radio,” Innovativel: Journal Of Social Scielncel Relselarch, vol. 3, no. 2, pp. 13313–13321, 2023.

N. S. Prawira, “Multimeldia Pelmbellajaran Sistelm Pelrnafasan Pada Manusia Di Selkolah Dasar Nelgelri 09 Kota Pagar Alam Melnggunakan Adobel Animatel,” Jurnal Multimeldia dan Telknologi Informasi (Jatilima), vol. 5, no. 02, pp. 74–81, 2023.

T. Melnora, C. H. Primasari, Y. P. Wibisono, T. A. P. Sidhi, D. B. Seltyohadi, and M. Cininta, “Implelmelntasi Pelngujian Alpha dan Belta Telsting Pada Aplikasi Gamellan Virtual Relality,” KONSTElLASI: Konvelrgelnsi Telknologi dan Sistelm Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 48–60, 2023.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Nanda S. Prawira, & Asep Syaputra. (2024). MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN HERBIVORA, KARNIVORA, OMNIVORA MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE DI SEKOLAH DASAR SDIT LANTABUR PAGARALAM BERBASIS ANDROID. JURNAL ILMIAH BETRIK, 15(02 AGUSTUS), 175–182. https://doi.org/10.36050/betrik.v15i02 AGUSTUS.299